Rosulan Di Dusun Dlingo I, Dlingo, Bantul

Senin Pon, 17 Juli 2017 11:36 WIB ∼ 123

Foto Berita

Masyarakat Sedang kenduri Rosulan di Dusun Dlingi I, Dlingo, Bantul

Warga masyarakat dusun Dlingo I, Desa Dlingo Kec, Dlingo melaksanakan upacara adat rosulan di Rumah Kadus Dlingo I, Dlingo dihadiri Camat, Kadus, tokoh Masyarakat dan warga sekitar, Jumat (14/7).

Camat dlingo Tri Tujiana, AP.MM. dalam sambutannya mengharapkan upacara adat yang ada di sekitarnya tetap dilestarikan, karena kegiatan tersebut sangat di senangi tourism luar negeri. Apalagi diderah Kecamatan Dlingo baru gencar-gencarnya mempromosikan wisata alam.

“Yang lebih penting upacara adat itu jangan sampai keluar dari syariat agama Islam”Jelasnya.

Upacara Adat Rasulan atau bersih desa (selamatan rasul/metri desa) berkaitan dengan upacara massal. Upacara ini diadakan setahun sekali biasanya sehabis panen seperti yang dilaksanakan di Dusun Dlingo I, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

              Disebut Rasul/Rasulan karena dalam upacara selamatan tersebut salah satu tokoh yang dihormati, diselamati sekaligus dimintai berkah adalah Nabi Muhammad yang menjadi Rasul Tuhan. Disebut bersih desa/metri desa karena dalam upacara tersebut diawali dengan kerja bakti membersihan lingkungan, dilanjutkan kenduri ditutup dengan doa agar diwaktu yang akan datang diberi keberkahan dalam segala hal.

Maksud dari penyelenggaraan upacara ini adalah memohon keselamatan, dan sebagai penuangan rasa syukur kepada Alloh SWT, atas rahmat dan berkahnya yang diberikan selama setahun yang lalu

              Perlengkapan untuk persiapan penyelenggaraan upacara antara lain: sega wuduk, ingkung, sekul jawi/ambengan, jenang putih, putih abang, jenang baro-baro, jenang pliringan, tumpeng mong-mong, tumpeng alus, bathok bolu, tape ketela. Tiap-tiap keluarga yang mengikuti upacara selamatan rasul, semuanya membuat sekul wilujengan yang dibungkus pakai sarang atau daun kelapa dianyam. Juga ada yang memakai bakul dari anyaman bambo trus dikumpulkan dkumpulkan jadi satu dan berdoa bersama-sama.


Puskesmas
di Kecamatan Dlingo

Puskesmas Dlingo I

Puskesmas Dlingo I

Jl Raya Koripan, Koripan 1 Dlingo, Bantul
(0274) 7477551

Puskesmas Dlingo II

Puskesmas Dlingo II

Dusun Pencitrejo RT 01, Terong, Dlingo, Bantul
082892614949 / (0274) 7101744

Komando Rayon Militer Dlingo

Koramil / Komando Rayon Militer Dlingo

Koripan 1, Dlingo, Bantul.

Kepolisian Sektor Dlingo

Polsek / Kepolisian Sektor Dlingo

Jl.Raya Patuk-Dlingo Km 13 Dlingo, Bantul
(0274) 7473216

Kantor Urusan Agama Dlingo

KUA / Kantor Urusan Agama Dlingo

Koripan 1, Dlingo, Bantul.
(0274) 7484494