GEBYAR DESA MANGUNAN

Sabtu Pon, 22 Agustus 2015 20:25 WIB ∼ 896

Foto Berita

Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Bantul Sunarto,SH,MM memukul bende tanda resmi dibukanya kegiatan ........

Sabtu sore sampai malam 22/8 di Balai Desa Mangunan diselenggarakan acara dengan tema Gebyar Desa Mangunan bersama KKN-PPM UGM 2015, dengan acara penanaman pohon buah 3S secara simbolis, acara kesenian, bazar, gelar karya KKN, pengajian, dsb. Acara ini diselenggarakan menjelang berakhirnya masa KKN-PPM UGM 2015 di Desa Mangunan dengan peserta sebanyak 30 orang yang bermukim di 6 pedukuhan masing-masing 5 mahasiswa.

Berbagai program kegiatan mereka laksanakan di antaranya penanaman pohon buah 3S (sawo,sirsat,srikaya) yang berdasarkan penelitian cocok dengan tanah dan iklim setempat termasuk pada lahan marginal. Diharapkan ini bisa mendukung pariwisata yang dikembangkan di Desa Mangunan sebagai Desa WIsata yang berbasis pada alam dan budaya. Untuk pemanfaatan pohon buah 3S tersebut telah dilaksanakan pelatihan pengolahan hasil seperti teh sirsat, donat sirsat, puding sawo, dsb.

Acara pembukaan dihadiri oleh Asek Administrasi Umum Setda Kabupaten Bantul yang mewakili Bupati, dari Bappeda, Camat Dlingo, Pj Carik Desa Mangunan, BPD Mangunan, para dukuh, dan pimpinan lembaga kemasyarakatan desa Mangunan, DPL dan undangan lainnya.

Pidato disampaikan oleh DPL, Pj Carik Desa Mangunan, Camat Dlingo dan Asek Administrasi Umum yang sekaligus membuka acara secara resmi dengan memukul bende sebanyak 5 kali. Selesai acara pembukaan dilanjutkan dengan penanaman pohon sawo, sirsat dan srikaya di kompleks Balai Desa Mangunan, menandai penanaman pohon serupa pedukuhan-pedukuhan yang diharapkan nantinya bisa menjadi salah satu ikon pariwisata alam.

Desa Mangunan bisa disebut sebagai gerbang pariwisata untuk Kecamatan Dlingo, dimana terdapat obyek wisata kebun buah, hutan pinus, gua gajah dsb. Yang dari sini para wisatawan bisa menuju ke tempat obyek wisata lainnya di Kecamatan Dlingo yang sudah mulai dilirik wisatawan. Tentu kesiapan masyarakat dalam pokdarwis perlu dipersiapkan dengan upaya pemberdayaan masyarakat supaya siap menangkap peluang di bidang pariwisata ini.(esente20150822)

 


Puskesmas
di Kecamatan Dlingo

Puskesmas Dlingo I

Puskesmas Dlingo I

Jl Raya Koripan, Koripan 1 Dlingo, Bantul
(0274) 7477551

Puskesmas Dlingo II

Puskesmas Dlingo II

Dusun Pencitrejo RT 01, Terong, Dlingo, Bantul
082892614949 / (0274) 7101744

Komando Rayon Militer Dlingo

Koramil / Komando Rayon Militer Dlingo

Koripan 1, Dlingo, Bantul.

Kepolisian Sektor Dlingo

Polsek / Kepolisian Sektor Dlingo

Jl.Raya Patuk-Dlingo Km 13 Dlingo, Bantul
(0274) 7473216

Kantor Urusan Agama Dlingo

KUA / Kantor Urusan Agama Dlingo

Koripan 1, Dlingo, Bantul.
(0274) 7484494