PEMANTAUAN PSN DI DESA MANGUNAN

Jumat Pon, 29 Januari 2016 10:37 WIB ∼ 1050

Foto Berita

persiapan evaluasi menunggu beberapa tim kecil yang belum hadir....

Jumat pagi 29/1 tim pemantau gerakan PSN dari Kecamatan Dlingo yang terdiri dari unsur muspika, puskesmas, di dukung lurah desa dan jajarannya serta para kader, mengadakan pemantauan gerakan PSN di Desa Mangunan khususnya di Pedukuhan Mangunan yang awal Tahun 2016 ini sudah ada 3 positif penderita penyakit DBD. Metode pemantauan dilaksanakan oleh tim-tim kecil dengan mengunjungi ke rumah-rumah sasaran dan melihat kondisi bak penampungan air maupun bejana lainnya yang terisi air apakah terdapat jentik nyamuk, sekaligus menyampaikan kepada masyarakat pentingnya gerakan PSN yang dilakukan secara berkala antara lain dengan menguras bak penampungan air setidaknya 3 kali seminggu.

Setelah pemantauan, tim mengadakan pertemuan di rumah Mantan Carik Desa Mangunan yaitu Bapak Ngudi Siswanto yang belum lama memasuki masa pensiun. Di sini diadakan evaluasi hasil pemantauan dan diskusi berkenaan dengan penyakit DBD termasuk PHBS. Dilaporkan oleh Dukuh Mangunan bahwa 2015 di Pedukuhan Mangunan ada  seorang penderita DBD. Dan awal 2016 ini sudah ada 3 orang penderita DBD, sehingga nampaknya ada kecenderungan meningkat.

Hasil pemantauan gerakan PSN, bahwa dari 36 rumah yang dikunjungi dan diamati atau diperiksa keberadaan jentik nyamuknya, ternyata ada 13 rumah yang positif terdapat jentik nyamuk sehingga baru 23 rumah yang bebas jentik nyamuk. Berarti ABJ (angka bebas jentik) 64 %, sehingga angka ini menunjukkan data yang sinkron antara kejadian adanya penderita DBD dan lingkungan yang ABJ-nya rendah, karena mestinya ABJ ideal antara 93-100%.

Dari hasil evaluasi ini, Camat Dlingo Drs.Susanto,MPA dalam sambutannya memohon lurah desa dan jajarannya termasuk dukuh dan RT untuk menggerakkan warganya lebih giat dalam melaksanakan gerakan PSN ini. Ditegaskannya bahwa untuk memerangi penyakit DBD dalam rangka mensukseskan Program DB4MK di Kabupaten Bantul, metode yang ampuh yaitu dengan gerakan PSN melaui 3 M (menguras, menutup dan mengubur) bejana tempat air.

Tanggapan dari Dukuh Mangunan sangat positif bahwa kegiatan pemantauan PSN ini mengingatkannya untuk bersama kader, tokoh masyarakat, dan yang peduli terhadap kesehatan masyarakat untuk menggerakkan masyarakat untuk mencegar mewabahnya penyakit DBD dengan meningkatkan PHBS melalui gerakan PSN.(esente20160129)


Puskesmas
di Kapanewon Dlingo

Puskesmas Dlingo I

Puskesmas Dlingo I

Jl Raya Koripan, Koripan 1 Dlingo, Bantul
(0274) 7477551

Puskesmas Dlingo II

Puskesmas Dlingo II

Dusun Pencitrejo RT 01, Terong, Dlingo, Bantul
082892614949 / (0274) 7101744

Komando Rayon Militer Dlingo

Koramil / Komando Rayon Militer Dlingo

Koripan 1, Dlingo, Bantul.

Kepolisian Sektor Dlingo

Polsek / Kepolisian Sektor Dlingo

Jl.Raya Patuk-Dlingo Km 13 Dlingo, Bantul
(0274) 7473216

Kantor Urusan Agama Dlingo

KUA / Kantor Urusan Agama Dlingo

Koripan 1, Dlingo, Bantul.
(0274) 7484494