RAKOR KAMTIBMAS

Rabu Pahing, 13 Januari 2016 12:09 WIB ∼ 1286

Foto Berita

muspika memimpin rakor

Rabu siang 13/1 bertempat di pendopo Kecamatan Dlingo diadakan rapat koordinasi kamtibmas dipimpin muspika dan dihadiri Kasipem, Babinkamtibmas, Babinsa se-Kecamatan Dlingo. Koordinasi yang diagendakan Seksi Trantib Kecamatan Dlingo siang ini dalam rangka evaluasi situasi dan kondisi kamtibmas tahun 2015 dan rencana 2016.

Rapat diawali dengan sambutan-sambutan dari Muspika. Pertama dari Camat Dlingo Drs.Susanto,MPA yang menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru 2016 meski sudah memasuki hari ke-12 disertai harapan dan doa semoga senantiasa diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa kesehatan dan keselamatan serta rezeki yang halal dan berkah. Kemudian dia menyampaikan isu kamtibmas antara lain masalah : terorisme, radikalisme, organisasi terlarang, peredaran miras dan narkoba, gangguan kamtibmas berupa pencurian, penodongan dsb serta ketertiban lalu lintas yang mana masyarakat perlu dipersuasi dan diedukasi agar tercipta ketertiban lalu lintas. Dari Muspika dilanjutkan oleh Danramil Kapten Surono yang menyampaikan isu : ISIS dan radikalisme, ketertiban lalu lintas, pentas musik yang kurang sopan merusak mental generasi muda. Selanjutnya Kapolsek AKP Amir Machmud menyampaikan beberapa hal mengenai teror, Gafatar, perlunya kesamaan data atau data yang valid agar di tingkat muspika sinkron tentang kamtibmas, perlunya upaya agar lalu lintas tertib termasuk perparkiran, perlindungan anak, perizinan pentas musik yang agar pelaksanaannya terjauh dari mengganggu kamtibmas.

Dilaporkan bahwa situasi dan kondisi pengamanan pelaksanaan even-even belum lama ini yaitu pilkada, natalan dan perayaan tahun baru 2016 relatif aman tanpa gangguan kamtibmas yang berarti. Adapun isu untuk kegiatan 2016 bahwa di Desa Jatimulya tahun ini akan melaksanakan Pilkades, tentu minta dukungan dari semua agar sukses, tertib dan aman. Kemudian sejalan dengan pelaksanaan APBDes yang nominalnya lebih meningkat, tentu diharapkan perputaran uang yang besar itu bisa merangsang tumbuhnya perekonomian desa dan kecamatan yang selanjutnya dapat membuka peluang usaha dan kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan warga desa di Kecamatan Dlingo, tapi sejalan dengan kesejahteraan yang meningkat tadi tentu ada peluang untuk peningkatan gangguan kamtibmas yang ini perlu disadari dan diantisipasi.

Di beberapa tempat terjadi pencurian pada jam-jam rawan, solusi yang diusulkan adalah menyampaikan edaran kepada masyarakat untuk mengingatkan dan meningkatkan kamling serta membuat papan-papan peringatan untuk menangkal aktivitas yang rawan menjurus ke tindak gangguan kamtibmas.

Untuk meningkatkan situasi dan kondisi kamtibmas 2016 perlu peningkatan komunikasi dan informasi melalui penggunaan TI agar informasi tersebar atau terkirim dengan cepat untuk segera mengambil sikap jika terjadi sesuatu yang mengancam kondusifnya kamtibmas.(esente20160113)


Puskesmas
di Kapanewon Dlingo

Puskesmas Dlingo I

Puskesmas Dlingo I

Jl Raya Koripan, Koripan 1 Dlingo, Bantul
(0274) 7477551

Puskesmas Dlingo II

Puskesmas Dlingo II

Dusun Pencitrejo RT 01, Terong, Dlingo, Bantul
082892614949 / (0274) 7101744

Komando Rayon Militer Dlingo

Koramil / Komando Rayon Militer Dlingo

Koripan 1, Dlingo, Bantul.

Kepolisian Sektor Dlingo

Polsek / Kepolisian Sektor Dlingo

Jl.Raya Patuk-Dlingo Km 13 Dlingo, Bantul
(0274) 7473216

Kantor Urusan Agama Dlingo

KUA / Kantor Urusan Agama Dlingo

Koripan 1, Dlingo, Bantul.
(0274) 7484494