LOMBA PENGHIJAUAN DAN KONSERVASI ALAM "WANA LESTARI"

Kamis Wage, 19 Mei 2016 12:13 WIB ∼ 1183

Foto Berita

menunggu tim yuri

Kamis 19/5 bertempat di Bumi Seboratu, Pedukuhan Pokoh I Desa Dlingo dilaksanakan evaluasi kepada Penyuluh Kehutanan Swadaya Mandiri (PKSM) oleh TIm dari DIY. Ajang tingkat DIY merupakan bagian dari Kegiatan Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam "Wana Lestari" yang diselenggarakan tiap tahun, dan Tahun 2016 ini PKSM bernama Arif Satoriyatno dari Koripan I, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo mewakili Kabupaten Bantul ke Tingkat DIY. Adapun tujuannya yaitu memberikan penghargaan kepada Desa atau Kelurahan, masyarakat dan aparat kehutanan yang telah berperan aktif dan peduli dalam berbagai kegiatan pembangunan kehutanan khususnya dalam kegiatan rehabilitasi dan konservasi sumberdaya alam.

Karena paradigma pembangunan kehutanan berubah dari manajemen berbasis hasil kayu (timber based management)  ke arah yang lebih berorientasi pada kepentingan masyarakat dan lingkungan (socio ecological benefit oriented), desentralisasi dan berbasiskan masyarakat (community based forest management), maka ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengelola sumberdaya hutan secara optimal dengan selalu memperhatikan kelestariannya. Keberhasilan program-program pembangunan kehutanan juga membutuhkan peran aktif masyarakat. Dan  pada dasarnya masyarakat telah memahami dan melaksanakan pembangunan kehutanan untuk menjaga dan melestarikan hutan,  khususnya dalam kegiatan rehabilitasi dan konservasi sumberdaya alam. Besarnya peran aktif masyarakat menjadi salah satu perhatian dari pemerintah untuk memberikan penghargaan sebagai wujud kepedulian atas perannya. Pemberian penghargaan ini didasarkan atas prestasi yang dicapai dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan upaya rehabilitasi lahan dan konservasi sumberdaya alam. Pemenang lomba merupakan unsur aparat pemerintah dan masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar merangsang dan memotivasi seluruh komponen masyarakat untuk secara aktif ikut terlibat dan berperan dalam upaya rehabilitasi dan konservasi sumberdaya alam.
 
Kecamatan Dlingo yang memiliki kekayaan hutan sementara di sini juga tumbuh industri pengolahan berupa mebel, daun pintu dsb yang memanfaatkan bahan baku kayu maka adalah menjadi suatu keniscayaan bahwa penghijauan dan konservasi alam sangat dibutuhkan agar kekayaan alam ini tetap lestari.
 
Sumber : Permenhut Nomor : P.21/Menhut-II/2012

Puskesmas
di Kecamatan Dlingo

Puskesmas Dlingo I

Puskesmas Dlingo I

Jl Raya Koripan, Koripan 1 Dlingo, Bantul
(0274) 7477551

Puskesmas Dlingo II

Puskesmas Dlingo II

Dusun Pencitrejo RT 01, Terong, Dlingo, Bantul
082892614949 / (0274) 7101744

Komando Rayon Militer Dlingo

Koramil / Komando Rayon Militer Dlingo

Koripan 1, Dlingo, Bantul.

Kepolisian Sektor Dlingo

Polsek / Kepolisian Sektor Dlingo

Jl.Raya Patuk-Dlingo Km 13 Dlingo, Bantul
(0274) 7473216

Kantor Urusan Agama Dlingo

KUA / Kantor Urusan Agama Dlingo

Koripan 1, Dlingo, Bantul.
(0274) 7484494