PERESMIAN REVITALISASI SENDANG MANGUNAN OLEH GUBERNUR

Senin Kliwon, 30 Mei 2016 21:38 WIB ∼ 1162

Foto Berita

gubernur mewancarai ketua pokdarwis

Senin 30/5 Gubernur DIY meresmikan bangunan revitalisasi Sendang Mangunan di Desa Mangunan yang merupakan kegiatan didanai dengan bantuan gubernur Tahun 2015. Dengan revitalisasi sendang ini dimasudkan untuk melestarikan keberadaan sendang beserta fungsinya sekaligus untuk wahana pengembangan wisata budaya dalam bentuk 2 panggung terbuka yang pertama dekat dengan sendang sebagai wahana menggelar pertunjukan atau daya tarik wisata budaya terkait dengan keberadaan sendang itu sendiri dan satu lagi panggung terbuka lebih luas tidak jauh dari yang pertama berfungsi sebagai wahana pentas seni budaya.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti yang disaksikan oleh Wakil Bupati Bantul beserta tamu undangan lainnya dari Kementerian Pariwisata, SKPD DIY, SKPD Kabupaten, kecamatan dan desa serta undangan lainnya. Sebelum meresmikan wahana ini, beliau gubernur mewawancarai ketua pokdarwis tentang kemanfaatan bantuan gubernur ini. Yang diminta beliau kegiatan atau bangunan ini dapat meningkatkan kunjungan wisata. Beliau juga meminta agar ada konsolidasi dengan warga masyarakat untuk akhirnya menahan wisatawan lebih lama tinggal dengan ramah menerima kunjungan mereka, menyediakan kebutuhan tinggal dengan membuat homestay yang pendanaannya melalui koperasi yang dibentuk untuk itu, serta siap menampilkan daya tarik wisata berupa seni budaya setempat di samping melestarikan keindahan alam yang ada. Tentu dari DIY akan mendukung kebutuhan sarana prasarana untuk meningkatkan kepariwisataan di Mangunan ini yang mempunyai pokdarwis yang mengembangkan desa wisata Kaki Langit.

Pada kesempatan ini gubernur juga meluncurkan program Satu Hotel Satu Desa/Kampung Wisata yang bertujuan meningkatkan peranserta perhotelan untuk ikut mengembangkan desa/kampung wisata agar meningkatkan kunjungan wisata yang mana hotel juga memperoleh manfaatnya. Juga pada kesempatan ini diserahkan penghargaan lomba desa/kampung wisata yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY. Penghargaan diberikan kepada Juara I sampai dengan III dan juga Juara Harapan I sampai dengan III, yang mana Desa Wisata Kaki Langit Mangunan memperoleh Juara Harapan III. Penghargaan juga diserahkan oleh Gubernur kepada 21 hotel yang berperanserta dalam program Satu Hotel Satu Desa/Kampung Wisata.

Sinergitas berbagai pemangku kepentingan dan pelaku wisata diharapkan dapat mengangkat masyarakat Mangunan dan sekitarnya untuk meningkat kesejahteraannya melalui pariwisata.(esente20160530)

 


Puskesmas
di Kecamatan Dlingo

Puskesmas Dlingo I

Puskesmas Dlingo I

Jl Raya Koripan, Koripan 1 Dlingo, Bantul
(0274) 7477551

Puskesmas Dlingo II

Puskesmas Dlingo II

Dusun Pencitrejo RT 01, Terong, Dlingo, Bantul
082892614949 / (0274) 7101744

Komando Rayon Militer Dlingo

Koramil / Komando Rayon Militer Dlingo

Koripan 1, Dlingo, Bantul.

Kepolisian Sektor Dlingo

Polsek / Kepolisian Sektor Dlingo

Jl.Raya Patuk-Dlingo Km 13 Dlingo, Bantul
(0274) 7473216

Kantor Urusan Agama Dlingo

KUA / Kantor Urusan Agama Dlingo

Koripan 1, Dlingo, Bantul.
(0274) 7484494