Fasilitas Rekonsiliasi Permasalahan antara Warga dengan Pemerintah Desa Muntuk dan Masyarakat Terkait Dugaan Penyerobotan Lahan untuk Pembangunan Jalan Akses Perekonomian

Selasa Pon, 12 Februari 2019 11:19 WIB ∼ 114

Foto Berita

Camat Dlingo memimpin Acara Bersama Perwakilan Polsek dan Koramil , beserta jajaranya.

Dlingo, Kamis (7/2/19),

Bertempat di balai dusun Desa Muntuk , dalam Acara Fasilitas Rekonsiliasi Permasalahan antara Warga dengan Pemerintah Desa Muntuk dan Masyarakat berkaitan dengan Dugaan Penyerobotan Lahan untuk Pembangunan Jalan Akses Perekonomian.

Acara tersebut di hadiri oleh unsur FORKOPIMCAM (Camat, Polsek, Koramil) setruktur Kecamatan Dlingo (Kasi Pemerintahan, Kasi Ekbang dan LH serta Kasi Keamanan dan Ketertiban), Lurah Desa Muntuk, beserta pamong Desa Muntuk, para pelapor dan kuasa hukum pelapor serta beberapa perwakilan dari masyarakat terdampak pembangunan akses jalan perekonomian pertanian.

Sebelumnya pada tahun 2016 telah diadakan musyawarah warga masyarakat yang memutuskan untuk membangun jalan akses perekonomian untuk mempermudah warga masyarakat mengakses perekonomian pertanian di Desa Muntuk. Pada saat itu jalan atau akses perekonomian khususnya dalam menjual hasil pertanian cukup sulit. Oleh karena itu warga yang terdampak langsung maupun tidak langsung berpartisipasi dengan merelakan sebagian tanah untuk pembangunan jalan, pembangunan tersebut baru di eksekusi pada tahun 2018 dengan mekanisme gugur gunung ( gotong royong) dan pembangunan di danai melaui dana desa yang akan di anggarkan di tahun 2019.

Dan di saat pengeksekusian pada tahun 2018 ada beberapa warga masyarakat yang merasa keberatan terkait dengan pembangun akses tersebut.  JUMIKIR (51) SUMIYATI(36)  MAWARTI(40) Mengajukan permohonan KEPALA BAGIAN PEMERINTAH DESA KAB BANTUL atas permasalahan dugaan penyerobotan lahan untuk pembangunan akses tersebut dari PIHAK PERANGKAT DESA MUNTUK yang telah menggunakan tanah hak milik para pemohon untuk di buat jalan akses perekonomian pertanian yang dalam pengerjaannya tidak sesuai dengan apa yang sudah di sepakati pada tahun 2016.

Camat Dlingo Bapak Deni Ngajis Hartono,SSTP,MPA menyampaikan bahwa permasalahan yang ada, pada dasarnya bukan permasalahan yang besar, hanya belum menemukan titik temu. Oleh karena itu permasalah ini dirembuk/dimusyawarahkan secara kekeluargaan oleh masyarakat di tingkat paling bawah terlebih dahulu. Kecamatan Dlingo mengintruksikan kepada Lurah Desa Muntuk untuk memfasilitasi musyawarah di tingkat dusun dengan menghadirkan seluruh masyarakat. Dalam rembukan tersebut masyarakat mengusulkan penundaan acara rekonsilisasi tersebut di karenakan beberapa pelapor tidak menghadiri acara tersebut. Semua tokoh masyarakat yang hadir sepakat untuk menunda acara tersebut, dan menyarankan agar penyelesaian masalah tersebut harus secara win win solution dan ada yang harus legowo bila mana keputusan dari rembukan tersebut sudah menemukan titik temu, demi kepentingan bersama yang lebih besar. (adm)


Puskesmas
di Kecamatan Dlingo

Puskesmas Dlingo I

Puskesmas Dlingo I

Jl Raya Koripan, Koripan 1 Dlingo, Bantul
(0274) 7477551

Puskesmas Dlingo II

Puskesmas Dlingo II

Dusun Pencitrejo RT 01, Terong, Dlingo, Bantul
082892614949 / (0274) 7101744

Komando Rayon Militer Dlingo

Koramil / Komando Rayon Militer Dlingo

Koripan 1, Dlingo, Bantul.

Kepolisian Sektor Dlingo

Polsek / Kepolisian Sektor Dlingo

Jl.Raya Patuk-Dlingo Km 13 Dlingo, Bantul
(0274) 7473216

Kantor Urusan Agama Dlingo

KUA / Kantor Urusan Agama Dlingo

Koripan 1, Dlingo, Bantul.
(0274) 7484494